Selasa, 10 Desember 2019

Yuk Cari Tahu 5 Hal Yang Harus Dilakukan Jika AC Mobil Tidak Dingin!

0 komentar

Yuk Cari Tahu 5 Hal Yang Harus Dilakukan Jika AC Mobil Tidak Dingin!

Apa yang anda lakukan ketika air conditioner mobil tiba tiba tidak mengeluarkan hawa dingin yang sejuk? Panik? Beberapa dari anda mungkin langsung membawa mobil ke bengkel, untuk melakukan service AC dan mengganti beberapa komponen yang dianggap rusak. Sebelum buru buru merogoh kantong untuk biaya service, yuk cari tahu dulu apa yang bisa anda lakukan sendiri jika AC mobil tidak dingin!

5 Pertolongan Pertama Ketika Tidak Ada Udara Dingin dari AC Mobil

1. Bersihkan Kondensor yang Kotor

Salah satu penyebab tidak adanya udara dingin dari AC mobil, bisa jadi karena keadaan kondensor yang penuh dengan kotoran atau debu. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kondensor akan berkarat, dan bahkan tidak lagi bisa bekerja secara optimal. Maka solusinya adalah memeriksa kondensor, kemudian membersihkannya dari kotoran dan debu yang menempel atau bahkan menumpuk terlalu lama.

2. Bersihkan  Filter yang Tersumbat Debu

Sama halnya dengan kondensor, filter AC yang kotor bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Ini terjadi karena kondisi interior mobil yang kotor, sehingga bau bau yang tak sedap dan debu debunya terhisap ke dalam blower dan evaporator AC. Luangkan waktu untuk membersihkan filter ini secara rutin, agar tidak ada kotoran atau debu yang menghambat kerja filter AC mobil. 


3. Mengisi Ulang Freon

Penyebab AC yang tidak bisa mengeluarkan udara sejuk, juga mungkin dikarenakan kebocoran pada sambungan selang freon. Hal ini menyebabkan freon cepat habis, sehingga AC mobil menjadi tidak sedingin sebagaimana mestinya. Perlu diketahui bahwa selang atau pipa sambungan ini juga memiliki masa kadaluarsa, artinya jika usia selang sudah cukup lama atau tua maka kondisinya sudah tidak layak dan bisa mengalami keausan.

Setelah mengetahui sumber masalah AC mobil tidak dingin, maka anda bisa membawa mobil ke bengkel service untuk mengisi ulang cairan freon dan mengganti selang dengan yang baru. Anda bisa melakukan ini di bengkel yang terpercaya, SuperCar.id yang memiliki mekanik profesional dan berpengalaman. Setelah itu jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi selang dan pipa secara berkala, agar masalah yang sama tidak terulang lagi.

4. Mengganti Motor Extra Fan

Penyebab masalah AC yang kurang dingin berikutnya adalah karena extra fan yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen vital yang terletak di depan kondensor ini, sangat berpengaruh pada proses kondensasi. Jika motor extra fan tidak berputar, maka suhu kabin mobil akan meningkat dan menyebabkan udara menjadi panas. Solusi yang harus segera dilakukan adalah dengan memperbaiki atau mengganti motor extra fan.

5. Mengganti Fan Belt yang Putus atau Aus

Masalah AC mobil tidak dingin mungkin juga dikarenakan kompresor yang tidak bisa bekerja dengan optimal akibat putusnya fan belt atau drive belt. Item yang berfungsi menyalurkan putaran mesin ke kompresor AC ini, bisa saja putus karena kondisinya yang sudah usang atau kualitasnya yang buruk sehingga mudah aus. Untuk mengganti fan belt yang kualitasnya bagus, anda bisa melakukan service AC di bengkel SuperCar.id.

Satu hal yang harus digarisbawahi adalah menjaga kondisi kabin dan interior mobil anda agar tetap bersih setiap hari. Kebersihan mobil sangat berpengaruh pada performa mesin dan seluruh komponennya, sehingga perjalanan anda tidak terganggu oleh masalah masalah yang sepele namun beresiko membahayakan. Lakukan service AC mobil secara rutin minimal 3 bulan sekali, di bengkel mobil profesional SuperCar.id.



Leave a Reply