Senin, 01 Juni 2020

Ingin Tetap Olahraga Lari Saat Puasa? Simak Tips Berikut

0 komentar

Ingin Tetap Olahraga Lari Saat Puasa? Simak Tips Berikut

Ketika bulan ramadan datang, umat muslim wajib untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit hingga terbenamnya matahari. di masa tersebut kurang lebih 13 jam, nantinya tubuh tak memperoleh suplai minuman atau pun makanan dari luar. Demi menjaga kebugaran tubuh, banyak orang yang tetap memilih berolahraga ketika menjalankan puasa.

Salah satu olahraga ketika puasa yang bisa Anda lakukan adalah olahraga lari. Namun, olahraga lari ketika puasa tetap harus memperhatikan berbagai macam hal, sehingga olahraga tersebut tetap memberi pengaruh positif untuk tubuh. Berikut beberapa tips melakukan lari saat puasa.

Pilih Waktu Lari dengan tepat

Saat ingin melakukan lari saat bulan puasa, usahakan memperhatikan waktunya dengan baik. Sebenarnya, tak disarankan melakukan olahraga berat ketika berpuasa, karena perut dalam keadaan kosong. Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga lari adalah beberapa saat sebelum berbuka. Karena setelah itu tubuh Anda akan memperoleh energinya kembali dari minuman dan makanan.

Anda bisa berlari santai 30 hingga 60 menit sebelum berbuka atau mendekati waktu makan. atau malah Anda lebih memilih setelah berbuka puasa. Sebenarnya dua waktu ini sah-sah saja, tergantung dari kebiasaan Anda melakukan olahraga, hal yang paling penting adalah pastikan setelah melakukan olahraga Anda tidak pusing, lemas atau bahkan pinsan.
Tetap Penuhi Asupan Makanan yang Dibutuhkan

Ketika berpuasa, tubuh diberi waktu 2 kali untuk minum dan makan yakni ketika sahur dan waktu berbuka. Sehingga, porsi makan Anda bisa saja berubah. Usahakan tetap makan dengan jumlah seperti biasanya, jadi tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Pilih makanan yang kaya dengan kandungan lemak, protein, mineral, vitamin dan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Karbohidrat menjadi salah satu energi yang utama bagi tubuh, karbohidrat bisa mengembalikan glukosa darah yang mengalami penurunan ketika berpuasa, oleh sebab itu ketika waktu berbuka tiba, pilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sehingga energi tubuh tak lekas habis.

Semoga berbagai informasi di atas dapat membantu Anda, untuk informasi menarik lain klik disini.

Leave a Reply