Rabu, 09 September 2020

Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

0 komentar

Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Saat ini, motor matic memang banyak diminati oleh semua kalangan. Cara mengendarai yang lebih mudah dan memiliki tampilan yang sederhana, membuat motor matic menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, motor matic juga perlu dirawat dengan baik agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Salah satu caranya menggunakan oli berkualitas seperti Idemitsu oli motor terbaik untuk matic, misalnya.

Cara Merawat Motor Matic

Sebagai pemilik motor matic, Anda perlu merawat motor dengan baik agar awet dan jauh dari masalah. Beberapa caranya yaitu:

1.    Panaskan motor setiap hari

Sebelum menggunakan motor, ada baiknya panaskan terlebih dahulu motor Anda. Panaskan motor tersebut kira-kira 5 menit sampai 10 menit setiap hari. Lebih baik lagi jika Anda memanaskan motor menggunakan kick starter. Hal tersebut perlu dilakukan agar oli dapat melumasi mesin dengan baik. Jika dirasa cukup, lakukan tarik ulur gas agar mesin motor lebih siap.

2.    Pastikan ketersediaan bensin

Umumnya, banyak orang yang melakukan pengisian bahan bakar saat bahan bakar tersebut akan habis. Dan, tak sedikit pula yang lupa dan membiarkan motor matic mereka kehabisan bahan bakar. Melakukan hal ini tentu sangat tidak dibenarkan karena akan berakibat buruk pada motor bahkan bisa merusak komponen mesinnya.

3.    Ganti oli secara rutin

Oli adalah pelumas yang sangat penting untuk mesin motor. Anda perlu mengganti oli motor setiap 1.000 km dan 5.000 km untuk penggantian oli transmisi. Apabila Anda sulit menghitung jarak tempuh motor melalui speedometer, maka pastikan untuk melakukan perawatan motor secara rutin setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Pilih oli yang cocok dan sesuai untuk motor matic Anda.

4.    Memerhatikan kondisi aki motor

Kondisi aki sangat sulit diketahui dan banyak orang yang mengalami mati aki saat mengendarai motor matic mereka. Untuk itulah, Anda perlu melakukan penggantian aki kira-kira 7 sampai 8 bulan sejak penggantian aki terakhir agar Anda tidak mengalami kejadian tersebut. (Source: Otomaniac.com)

5.    Kecepatan gas yang stabil

Saat Anda mengendarai motor matic, jangan sampai menaikkan dan menurunkan gas secara tiba-tiba. Tanpa Anda sadari, ternyata kebiasaan tersebut malah dapat merusak komponen-komponen mesin motor Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kontrollah gas sepeda motor saat mengendarainya.

Itulah beberapa cara perawatan motor matic yang bisa Anda terapkan. So, untuk Anda yang sedang mencari oli berkualitas, maka disarankan memilih oli terbaik dari Idemitsu. Idemitsu memiliki beberapa pilihan oli dengan masing-masing keunggulan di antaranya Idemitsu 4T SL/MB 10W-40 SS yang merupakan oli sintetik atau Idemitsu 4T SL/MB 10W-30 yang membuat penggunaan bahan bakar Anda lebih hemat.


Leave a Reply