Kamis, 11 Februari 2021

Menggunakan AC Terlalu Lama Bisa Berbahaya, Simak Penjelasannya!

0 komentar

Menggunakan AC

Ketika cuaca sedang terik dan panas, orang-orang cenderung menyalakan AC baik itu AC sentral ataupun tipe lainnya secara terus-terusan. Padahal, melakukan hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan dan menimbulkan beberapa efek tertentu pada tubuh manusia. Jangan sampai disepelekan, lho! Melansir laman Kompas, berikut beberapa efek samping terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC:

1. Masalah pernapasan

Terkena paparan AC dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan masalah-masalah pernapasan pada hidung dan tenggorokan. Pada umumnya, orang-orang mengalami tenggorokan kering, rhinitis, dan hidung tersumbat. Gangguan pada indra penciuman hingga saluran pernapasan tentu tidak mengenakkan.

2. Kulit kering

Bagi orang yang duduk di ruangan ber-AC dalam waktu lama, kulit kering dan gatal merupakan hal yang normal. Pasalnya, paparan udara dari AC yang berlebihan bisa membuat kulit kering dan gatal. Meski tak langsung tampak perubahannya, kulit kering dan gatal ini dapat kembali menjadi normal setelah beberapa jam berada di luar ruangan.

3. Mata kering

Jika dalam situasi normal mata Anda sudah kering, berdiam terlalu lama dalam ruangan ber-AC dapat memperburuk keadaan tersebut. Kondisi mata kering ini bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Untuk itu, orang dengan mata kering sebaiknya tidak tinggal di ruangan ber-AC terlalu lama.

4. Dehidrasi

Tingkat dehidrasi akan terasa lebih tinggi jika berdiam di ruangan ber-AC jika dibandingkan dengan ruangan atau tempat lainnya. Sebab, AC menyedot lebih banyak kelembapan dari ruangan sehingga orang yang berada di ruangan tersebut akan mengalami dehidrasi. Jika Anda terpaksa harus berdiam lebih lama dalam ruangan ber-AC, jangan lupa untuk sesering mungkin meminum air mineral.

5. Asma dan alergi

AC bisa memperburuk kondisi penderita asma atau alergi. Bagi sebagian penderita asma yang sensitif, tetap berada di dalam ruangan dapat mencegahnya dari debu atau polutan. Namun, sebagian penderita asma lain justru mengalami alergi atau terpicu sesak napas ketika terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC.

6. Sakit kepala

Dehidrasi akibat berdiam di ruangan ber-AC yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Tak banyak orang tahu bahwa dehidrasi adalah penyebab sakit kepala. Sehingga, banyak orang yang lama berada dalam ruangan ber-AC malah mengabaikan tanda-tanda dehidrasi hingga berakhir dengan sakit kepala atau migrain. 

7. Lesu dan cepat lelah

Dampak lain dari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC adalah cepat merasa lelah dan lesu. Orang-orang yang sering berdiam diri dalam ruangan ber-AC selama lebih dari 4 jam sehari akan lebih rentan mengalami sakit kepala dan lebih cepat merasa lelah. Hal ini dikarenakan tubuh dapat memproduksi lendir iritasi membran akibat udara dingin yang diembuskan AC. Maka dari itu, banyak orang kantoran yang lebih mudah terserang flu, batuk, dan penyakit lainnya. 

Itu dia beberapa bahaya atau efek samping dari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya!

 

Leave a Reply